PRODUCT


Kami sediakan halaman ini untuk produk yang tersedia atau bisa dipesan.

We provide this page for products that are available or can be ordered

 

FLOW FORMING: VELG PALING SEMPURNA?

Sejak era ’90-an dunia velg mengalami revolusi dengan hadirnya teknik pembuatan flow forming. Meski tak ada literatur pastinya, namun ditengarai Enkei adalah pabrikan velg pertama yang mengadopsi teknik pembuatan flow forming yang dinamakan MAT atau Most Advanced Technology di lini Racing Series-nya medio 1995. Kemudian diikuti BBS Jepang, Fabulous, dan lainnya.

Teknik pembuatan velg flow forming dianggap sebagai salah satu teknologi paling maju dalam dunia “tulang ban”. Flow forming sendiri merupakan teknik pembuatan yang dikembangkan dari low pressure casting, namun kualitas dan bobot velg yang dihasilkan menjadi ringan mendekati velg forging.

 

 

Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap, dimulai melalui proses cetak (casting) untuk menentukan desain face velg. Dalam proses ini, bagian lebar velg (barrel) belum dibentuk alias masih polos dan belum dalam.

 

Velg yang sudah ada face-nya kemudian ditekan dengan roller kemudian dipanaskan dan ditarik menggunakan mesin putar khusus sehingga menjadi sebuah velg. Dalam proses ini tingkat lebar velg dibuat termasuk membentuk undakan pada barrel yang berfungsi sebagai penahan ban. Keuntungan proses ini membuat velg lebih kuat, ringan, dan tingkat kebulatannya mencapai 99% sehingga yang membuat balancing roda jadi perfect.

 

 

Metode pembuatan seperti ini sedang diminati banyak brand velg di dunia. Di antaranya BBS, Volk Racing, HRE, Vossen, Facewheels, dan lain sebagainya. Karena kualitasnya mendekati velg forged dan dijual dengan harga jauh lebih murah dengan pilihan offset jauh lebih beragam dibanding velg casting biasa, tak heran jika jenis satu ini disebut-sebut sebagai velg paling sempurna untuk dimiliki.

Soal velg flow forming, Laurent Lebouder selaku Sales Director HRE Wheels pernah menyebut, “Ini (flow forming) adalah velg casting dan diperuntukkan buat kastemer-kastemer potensial muda HRE. Velg ini harganya jauh lebih terjangkau dari pada velg forged HRE dengan kualitas yang bisa dipertanggung-jawabkan. Velg flow forming dan bisa mewujudkan mimpi orang-orang yang sebelumnya ingin memiliki velg HRE, tapi masih terkendala harga.”

 

 

Sementara itu Volk Racing melalui lini velg RCF (RAYS Cast Flow Forming) menyebut bahwa teknik pembuatan tersebut merupakan improvement terbaik yang mereka lakukan untuk membuat velg 1-piece casting yang lebih ringan dan kuat, terutama untuk melayani mobil-mobil dengan performa tinggi. Paling penting harga jualnya menjadi lebih terjangkau.

Vossen dalam siaran medianya menyebut kalau velg flow forming yang diperkenalkan untuk VF Series, adalah sebuah penemuan brilian untuk menghasilkan barrel yang lebih ringan dan lebih kuat. Hasilnya adalah velg dengan perpaduan terbaik antara harga jual velg casting dengan kekuatan serta kinerja velg forged.

 

Bisa diartikan opsi velg flow forming adalah pilihan sempurna buat Anda yang mendambakan velg kuat, ringan, dengan harga terjangkau dan kualitas yang bisa dipercaya. Di gerai-gerai Permasuri banyak pilihan velg flow forming dari berbagai macam merek yang bisa dipilih. Segera hubungi para wheels consultant Permaisuri untuk berkonsultasi soal velg flow forming mana yang cocok untuk mobil Anda.

RELATED NEWS