PRODUCT


Kami sediakan halaman ini untuk produk yang tersedia atau bisa dipesan.

We provide this page for products that are available or can be ordered

 

SEJARAH VELG LEGENDA VOLK RACING TE37

Setiap pecinta modifikasi pasti kenal dengan Volk Racing TE37, salah satu velg legendaris buatan produsen velg kelas atas asal Jepang, Rays Engineering. Bisa dibilang inilah salah satu velg dengan desain tertua di kelasnya, dan terus ditingkatkan kemampuan serta variannya hingga saat ini.

 

Apa yang membuat Volk Racing TE37 istimewa? Yang jelas bobotnya super ringan, konstruksi forged yang rigid, serta desain sederhana palang enam yang malah membuatnya abadi dan cocok dipakai mobil apa saja. Dari Kei Car, jip, SUV, MPV, sampai supercar!

Sejarah Volk Racing TE37 dimulai pada 1996. Saat itu Rays Engineering memiliki ide sederhana untuk menciptakan velg dengan desain sederhana namun dibuat dengan memenuhi standar komponen balap untuk dilempar ke pasar. Karena itu kemudian Volk Racing TE37 dilansir dengan jenis one-piece forged aluminium.

 

 

Kabarnya inilah velg forged pertama buatan Rays Engineering untuk memasyarakatkan penggunaan velg forged yang sebelumnya hanya dipakai oleh mobil-mobil balap. Dan ternyata langkah tersebut disambut baik para petrolheads di Jepang. Karena mereka bisa memakai velg dengan desain dan kualitas yang sama seperti mobil balap Super Taikyu.

 

Tak heran jika kemudian penamaan TE37 diambil dari kependekan “Touring Evolution” dan angka 37 merujuk pada bobot 3,7 kilogram atau berat satu velg TE37 ukuran 15x6 inci (ukuran pertama TE37).

 

Popularitas Volk Racing TE37 pun semakin moncer, ketika Rays Engineering berkolaborasi dengan banyak tuner dan menjadikan velg palang 6 tersebut sebagai standar velg mobil demo yang dimodifikasi. Salah satunya membuat versi spesial untuk Top Secret yang disematkan pada GT-R R34 gold legendaris mereka. 

Rays Engineering memang senang bereksperimen untuk mendapatkan velg dengan bobot super ringan dan kuat. Makanya material Volk Racing TE37 seluruhnya dibuat dari aluminium murni A6061-T6 yang formulanya diciptakan sendiri. Bahan ini diklaim punya kekuatan, sekaligus elastisitas yang lebih baik dibandingkan velg sekelasnya yang mencampur alumunium dengan bahan lainnya.

Selain itu penggunaan aluminium berkualitas diklaim punya pendinginan tiga kali lebih cepat dibandingkan baja. Efek samping positifnya, ikut mempengaruhi pendinginan rem.

Menurut Rays Engineering, 1 kg lebih enteng di bagian roda, seakan membuat total bobot mobil lebih ringan 15 kg. Maka pabrikan velg yang bermarkas di Osaka itu juga mencari keringanan bobot lewat finishing. Yang dijagokan adalah matte bronze finish yang tidak memerlukan cat apa pun untuk menjaga berat velg seminimal mungkin. Nah, lapisan matte bronze ini kemudian jadi salah satu ciri khas Volk Racing TE37.

Oh ya, soal desain palang enam yang terkesan sederhana ternyata ada serangkaian teknologi yang mengiringinya. Dalam merancang Volk Racing TE37, Rays Engineering menggunakan perangkat lunak FEA (Finite Element Analysis) yang rumit untuk menentukan apakah suatu desain tidak hanya terlihat bagus tetapi secara struktural juga baik.

 

FEA memungkinkan para insinyur untuk menyimulasikan situasi yang penuh tekanan dan menentukan di mana titik-titik lemah potensial dapat terjadi sebelum membuat velg diproduksi. Kabar baiknya, Volk Racing TE37 diklaim memenuhi rancangan ideal sebuah velg balap yang ringan, kaku, kuat, dengan distribusi bobot merata. Tak heran jika mudah saja menemukan velg ini di pakai untuk drifting, touring, rally, drag race, dan sebagainya.

 

Perkembangan teknologi desain terkini memungkinkan Volk Racing TE37 menggunakan pocketing (lubang) di setiap palangnya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi bobot velg secara keseluruhan tetapi tetap rigid.

Meski sampai saat ini sudah ada puluhan varian Volk Racing TE37 yang dilansir, namun sekurangnya ada 13 varian yang familiar dikenal. Masing-masing adalah; TE37 reguler, TE37 Tokyo Time Attack (Progressive Model), TE37 RT (Rigid Tune), TE37 Ultra, TE37 Ultra Track Edition, TE37 Super Lap, TE37 Saga, TE37 Saga Time Attack Edition, TE37 Sonic, TE37V, TE37V Mark-II, TE37 Large PCD, dan TE37 Gravel.

 

Sebagai exclusive distributor velg-velg produksi Rays Engineering di Tanah Air, Permaisuri saat ini menyediakan 30 model Volk Racing TE37 yang bisa kalian pilih sesuai selera dengan beragam spesifikasi ukuran baik diameter, PCD, dan inset. 

 

RELATED NEWS