PRODUCT


Kami sediakan halaman ini untuk produk yang tersedia atau bisa dipesan.

We provide this page for products that are available or can be ordered

 

Ini Dia 7 Fakta Keren Honda NSX GT3!

Ajang motor show merupakan showcase menarik buat para pabrikan menampilkan semua potensi terbaiknya, tak terkecuali di Indonesia. Sebagai pengagen resmi mobil merek Honda di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor, yang pada 19-29 April 2018 mengikuti rangkaian Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, memamerkan Honda NSX GT3, mobil balap legendaris yang dirancang khusus untuk melintasi sirkuit.

Honda NSX GT3 didesain oleh Honda R&D Jepang, berkolaborasi dengan JAS Motorsport dari Milan, Italia. Pembangunan ini juga melibatkan Honda Performance Development (HPD). Proses riset dan pengembangan untuk menciptakan mobil balap berperforma tinggi tersebut dilakukan hingga akhir 2015, dengan melakukan pengetesan hingga menempuh jarak 85.000 km. Perancangannya dilakukan di Jepang dan Eropa, kemudian dirakit di Italia untuk kemudian diuji dalam lintasan balap di Santa Clarita, California.

Setelah mendapat sertifikasi dari penyelenggara balap dunia Federation Internationale de I’Automobile (FIA), Honda NSX GT3 mulai memasuki kompetisi balap GT3 di Amerika Utara dengan mengusung mesin 3.5L twin-turbocharged V6 yang dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan dari FIA. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan yang mengirimkan daya ke penggerak roda belakang. Mesin balap NSX GT3 juga menggunakan spesifikasi yang sama dengan NSX meliputi block, heads, valve train, crankshaft, piston dan dry-sump lubrication system.

Honda NSX GT3 hadir dengan dimensi bodi yang lebar dan rendah untuk meminimalisir pusat gravitasi dan memaksimalkan kecepatan aerodinamis. Secara dimensi, Mobil ini memiliki berat 1.240 Kg dengan panjang 4.612 mm dan lebar 2.040 mm dengan sasis berbahan dasar aluminium yang kokoh dan ringan untuk mendukung keselamatan dan performa di lintasan balap. Selain itu, Honda NSX GT3 dilengkapi saluran udara yang lebih besar dibagian depan, bawah dan belakang bodi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal.

Untuk mendukung pengendara dalam merasakan pengalaman balap yang maksimal, Honda NSX GT3 telah memperoleh izin balap di lebih dari dua lusin kompetisi balap yang diadakan FIA di seluruh dunia, diantaranya yaitu GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge. Sebelumnya, Honda NSX GT3 telah memimpin di kelasnya pada ajang balap 24 Hours of Daytona dan memenangkan Grand Prix of Detroit, serta di ajang Six Hours of Watkins Glen.

Namun di luar pengetahuan umum soal mobil ini, sekurangnya ada tujuh fakta keren yang harus Anda tahu soal Honda NSX GT3 ini. Di antaranya adalah;

1. Pada musim balap 2018, Honda NSX GT3 hanya dibuat 12 unit untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Mobil tersebut dipasarkan di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan dibawah naungan JAS Motorsport, sedangkan pemasaran di wilayah Amerika Utara akan dilakukan oleh Honda Performance Development (HPD), dan di wilayah Jepang dilakukan oleh Mugen.

2. Bentuk Honda NSX GT3 60% sama dengan versi produksi jalan raya. Bedanya hanya pada suspensi yang lebih stiff, aerodinamika (wing, bumper depan-belakang) yang mendukung balap, dan pilihan ban berkompon lunak. Bahkan performanya, baik versi balap dan jalan raya, sama-sama masih dibatasi limiter pada kecepatan 290 km/jam.

3. Katherine Legge adalah pembalap wanita pertama yang membawa NSX GT3 pada ajang balap Rolex 24 tahun lalu. Ia memakai nomor start 93 dan merupakan wanita pertama yang memimpin American Series Race.

4. Satu unit NSX GT3 harganya bisa mencapai 500 ribu dolar Amerika atau dua kali lipat mobil produksi jalan raya termahal.

5. Setir NSX GT3 saja harganya bisa mencapai 30 ribu dolar Amerika. Dibuat dari material karbon dengan 15 tombol fungsi dan pedal shifter untuk mengganti transmisi 6 speed sequential di baliknya.

6. Mesin yang dipakai dan spesifikasinya NSX GT3 sebagian besar mirip dengan versi produksi. Baik block, head, valve train, cranksahft, piston, dan sebagainya. Yang membedakan adalah girboks six-speed sequential-nya serta sistem gerak rear wheel drive-nya.

7. Sebagai mobil balap, NSX GT3 juga dilengkapi kaki-kaki enteng dan kuat. Di antaranya adalah aplikasi velg OZ Racing ukuran 18x(12+13) inci, dengan balutan ban Pirelli berprofil 315/680-18 dan 325/705-18. Baik merek velg dan ban tersebut, tersedia di Permaisuri untuk Anda yang berminat memiliki kaki-kaki juara untuk mobil kesayangan.

RELATED NEWS